Saturday, January 23, 2016

Balada jadi emak

"Gimana mbie rasany jadi ibu? Begadang terus ya? Asinya lancar ga? Pake baby sitter dong? Kasih sufor biar gendut. Ih kok ga mau digendong selain emaknya, bau tangan ya? Makanya dibiasain di stroller"
Dst.dst.dst.dst.

Sedikit cuplikan dari timbunan pertanyaan dan saran yg dilontarkan orang2 ke saya, yg baru 6 bulan ini menyandang status jadi new mom, atau saya lebih suka dibilang "emak2". Sejak si Jasmine lahir memang dunia saya seperti jungkir balik, satu saat bisa happy bgt liat si kecil tiba2 udah bisa ngapain, satu saat bisa bete super ga jelas karna capek (ya resiko sih ga punya pembantu, siapa suruh? 😄),tapi kalau ditanya "lebih banyak seneng apa susahnya?"
Saya akan tegas bilang "saya bahagia, becoming a mom is a gift."

Sedikit bocoran ya, melahirkan Jasmine ke dunia memang tidak mudah, saya pake acara pendarahan dan nambah 5 kantong darah, ga bisa lahiran normal juga karena jasmine ga mau turun ke panggul sampe ketuban rembes dan udah bukaan 3, saya dan suami juga ga mau rewel yg penting anak lahir sehat dan ibunya selamat.
Pengalaman pertama jadi ibu di bulan pertama itu amazing. Bingung saat si jasmine nangis, ni anak maunya apa, emaknya ga ngerti, kepanasan dikit doi kesel, disusuin kadang masih nangis, pernah satu malem dia baru tidur jam stengah 4 pagi itupun dengan posisi puting susu ga boleh lepas dari mulut mungilnya itu, jadilah emaknya tidur pun miring ga boleh gerak. Karena saya termasuk pejuang asi dan ngotot asi ekslusif, saya juga (lumayan) rajin cari info tentang menyusui, jadi ga gampang percaya aja klo dibilangin asinya kurang makanya nangis terus, bayi kadang emang gitu, apalagi bayi baru lahir, belum terbiasa sama dunia luar perut ibunya.

Ujian bukan cuma menyusui loh, membiasakan diri menggendong dan ngelonin si jasmine juga ga gampang, apalagi di 2 bulan pertama Jasmine susah bgt ditaro gitu aja di kasur gitu, malem doang doi kaya gitu, manis bgt ga pernah begadang lagi sejak masuk usia 1.5 bulan, tapi siang? Maunya digendong teruuuus sampe emaknya susah makan, kalau makan cari mba ima atau yumi dulu deh (hehehe).
Masuk usia 2 bulan Jasmine resmi jadi anak Jakarta lagi, sempet deg2an takut ni anak rewel apalagi bener2 megang berdua sama suami, alhamdulilah ternyata Jasmine anak baik bgt, no begadang, no rewel, ke mall tinggal gendong aja ga pernah protes dibawa jalan jauh sampe Bandung pun nurut padahal di Bandung no ac (ya iyalah di Bandung pan dingin atuh), ke Sumedang yg jalannya meliuk liuk doi bobo aja gitu baru bangun mau nenen ajah.

No drama? Hmmm ada sih, akhir2 ini Jasmine lagi ga mau digendong orang selain emaknya, mau sih digendong bentar, ga tahan lama kalau digendong orang lain(termasuk ayahnya!). Jadilah saya mandi dan makan jadi ga tenang, saat makan si kecil ngeliatin mulai pengen ikut makan, ngerengek minta gendong, bahkan sekarang jasmine udah bisa ngangkat tangannya minta gendong kalau liat saya, begitu nempel di pelukan "jepp" langsung diem. Saya pegang buku doi langsung ngerangkak2 nyamperin, pengen pegang (atau makan) bukunya.
Sempet denger omongan aneh2 komentar tentang Jasmine, iya sih rewel kalo digendong orang lain, ga mau di stroller, dll, tapi solusinya ya sementara ini cuma digendong emaknya, no other, cuma bisa ngasih penjelasan aja sih ke orang2 kalo Jasmine lagi dalam tahap seperti ini, ga bisa dipaksain juga dia harus mau digendong orang lain, ya namanya bayi mungkin kan sensitif, ga gampang percaya sama orang selain ortunya.

Jadi emak bukan berarti kehidupan senang2 sudah usai dan harus mengorbankan segala kepengenan (yg masih bejibun), segala bisa dikompromikan loh, terutama sama suami, keputusan punya anak kan berdua, ngurusnya pun ya berdua, dan berhubung kita sudah bertekad bulat anak harus kita pegang berdua (seatap sama kita, kita kemanapun ya ikut, termasuk kalau mau s2), jadilah di rumah pun ada pembagian tugas. Lagian ya, anak itu titipan Allah kan? Pasti selalu ada jalan untuk bisa jalanin ini semua sambil ngurus anak, anak itu bukan halangan (buat saya), justru jadi motivasi, buat apa kerja susah2 tapi anak ga bareng kita? Kerja berdua buat apa? Anak itu tanggung jawab, titipan dari Allah, jadi saat down atau super capek, saya cuma inget aja ini semua kehendak Allah, capek juga ada pahalanya, karena sesungguhnya saya perempuan dan sudah kewajiban saya mengurus anak dan suami, apapun profesi yg akan saya dalami nantinya. Sesusah apapun pasti akan ada balasan dari sang pencipta, sabar dan tawakal aja lah ya.

Keinginan terbesar saya untuk lanjut sekolah memang sedang berproses, demi janji yg sudah diucapkan ke Ayah dulu, dan juga demi si Jasmine biar bisa sekolah di Bandung kaya saya dulu (Insya Allah), tinggal 5 taun lagi sebelum dia mulai sekolah, makin semangat buat kembali ke kota masa kecil. Kangen suasananya saat hujan, kangen ademnya, kangen macetnya klo sore (loh?), kangen kulinernya yg luar biasa banyak, dan sekarang ditambah keadaan kotanya yg tambah apik, ah udahlah, sebagai emak yg takut anaknya kebawa pergaulan jakarta, nyekolahin anak di Bandung emang solusi terdekat sih. Bismillah.

-Jakarta, tengah malam, Jasmine udah bobo dari tadi, emaknya nonton pilem sampe tengah malem. Bye.







No comments:

Post a Comment